Profil Desa

KATA PENGANTAR

 

Assalamu’Alaikum Wr. Wb

Puji syukur kami aturkan kehadirat Allah SWT, berkat Anugerah dan RahmatNya, penulisan profil Desa Air Dingin ini dapat terwujud dalam bentuk web.

Profil desa ini erat kaitannya dengan ekstensi  di sector Jenderal Kelautan, pesisir dan pulau-pulau kecil, Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, kami berusaha untuk menyusun profil desa ini sesuai dengan kriteria sebagai bahan usulan untuk pemilihan lokasi Desa, Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT).

Besar harapan kami profil desa dalam bentuk web ini dapat membantu agar Desa Air Dingin dapat terpilih sebagai salah satu desa yang bisa dikembangkan di bidang kelautan dan perikanan dan sangat mempunyai potensi Ekonomi Lokal unggulan.

Demikianlah untuk penulisan profil desa ini, kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dan penulis juga menyadari atas kekurangan yang terdapat dalam web profil desa ini, oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan untuk perbaikan buku ini.

 

 

Air Dingin, 3 Agustus 2018

Penulis

Sekretaris Desa Air Dingin,

 

 

SYAHRIL

NIP. 19740406  200906 1 005

 

 

KATA SAMBUTAN

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi – tingginya kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo, Bapak Dr. Subandoro Diposaptono, M.Eng sebagai direktur pesisir dan kelautan Republik Indonesi serta Bapak Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom selaku Bupati Simeulue atas bantuan dana desa untuk Desa Air Dingin sehingga pembangunan yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Isdawati, S.Pi selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Kabupaten Simeulue yang telah menyampaikan informasi kepada kami sekaligus menunjuk dan menetapkan bahwa Desa Air Dingin salah satu yang sangat mempunyai potensi local unggulan dibidang perikanan dan kelautan di Kabupaten Simeulue dan merupakan Pengambangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT).

Penunjukkan ini salah satu hal yang sangat berharga bagi masyarakat Desa Air Dingin dan merupakan salah satu impian yang ditunggu – tunggu oleh masyarakat dari selama ini.

Diharapkan agar Desa Air Dingin dapat terpilih menjadi lokasi Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) dalam Kabupaten Simeulue, Sehingga para nelayan yang ada di Desa Air Dingin bisa berkembang dan maju di masa yang akan dating demikian juga usaha-usaha yang lainnya.

Mudah-mudahan Desa Air Dingin menjadi salah satu Desa yang selalu di ingat dan dibantu oleh pemerintah baik pusat maupun kabupaten agar ekonomi masyarakat bisa meningkat di masa yang akan datang, amin.

 

Air Dingin, 3 Aguatus 2018

Kepala Desa Air Dingin,

 

MARDIAN

 

 

PERANAN KAUM PEREMPUAN

Keterlibatan dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan dan kegiatan ekonomi pendidikan dan kebudayaan.

Peranan kaum perempuan di Desa Air Dingin terhadap lembaga-lembaga kemasyarakatan sangat baik, hal ini terlihat dari aktifnya ibu-ibu Desa Air Dingin menjadi anggota PKK Desatersebut sekaligus mengurus serta mengolah semua kegiatan PKK. Aktifnya kegiatan PKK yang dilakukan kaum perempuan Desa Air Dingin menjadisumber penghasilan tambahan tersendiri bagi kaum perempuan Desa Air Dingin, selain itu menambah wawasan memperkaya budaya serta meningkatkan kekeluargaan antar warga Air Dingin itu sendiri.

Dalam meningkatkan taraf hidup kaum perempuan Desa Air Dingin, kaum perempuan tersebut melakukan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan di PKK, misalnya mengikuti atau ikut serta menjadi anggota koperasi simpan pinjam mengikuti latihan keterampilan membuat kerajinan tangan seperti tikar anyaman yang bahkan bakunya adalah pandan yang ada di lingkungan Desa Air Dingin, mengikuti arisan antar warga, serta kegiatan social desa.

Keikut sertaan kaum perempuan dalam bidang tersebut diatas masih haus perhatian berbagai pihak yang terkait untuk mendukung semua program yang telah ditata dengan rapi terwujud impian yang di idam-idamkan oleh perempuan Desa Air Dingin dalam menjalani perannya.

 

 

DESA AIR DINGIN

PROFIL DESA AIR DINGIN KECAMATAN SIMEULUE TIMUR

 

SUSUNAN KELEMBAGAAN PERANGKAT DESA AIR DINGIN.

NO NAMA JABATAN KETERANGAN
1 Mardian Kepala Desa Aktif
2 Syahril Sekretaris Desa Aktif
3 Ali Sadikin,S.Pd Kasi Pemerintahan Aktif
4 Taqwim Hidayat,S.Pd Kasi Pembangunan Aktif
5 Melisa Suriani,S.Pd Kaur Keuangan Aktif
6 Marjiji Kaur umum Aktif
7 Efendi,S.Pd Kasi Sosial Kemasyarakatan Aktif
8 Alihusni Kepala Dusun Mifaalami Aktif
9 Darwan Kepala Dusun Itau Maengita Aktif
10 Achmad Rizal Kepala Dusun Amitedia Aktif

Sedangkan susunan kelembagaan Badan Perwakilan Desa (BPD) yang merupakan Badan penasehat desa air dingin yang saat ini menjabat adalah sebagaiman pada tabel di bawah :

No Nama Jabatan Keterangan
1. SAHMINUDIN KETUA BPD AKTIF
2. M.yanis.Nk ANGGOTA BPD AKTIF
3. Satu Ali ANGGOTA BPD AKTIF
4. Rajuman ANGGOTA BPD AKTIF
5. Misradin ANGGOTA BPD AKTIF
6. yusrawati ANGGOTA BPD AKTIF
7. Rusdi.M ANGGOTA BPD AKTIF

Pelaksanaan pembangunan sangat minim dari tahun 1980 sampai dengan tahun 2013, kalau pun ada hanya pembangunan skala yang sangat kecil, dan itu pun berasal dari swadaya masyarakat. Baru dari periode tahun 2000 mulai adanya pembangunan yang signifikan sampai pada saat pasca Tsunami. Untuk melihat tingkat pembangunan sebelum Tsunami sampai saat pasca Tsunami dapat dilihat pada tabel berikut ini:

No Jenis
Pembangunan/Kegiatan
Periode Sumber dana

Donor

Volume Keterangan
1 2 3 4 5 6
1. Kantor Kepala Desa 2005 Pemda 1 unit Baik
2. Gedung Serba Guna 2006 PPK 1 unit Baik
3. Sekolah Dasar 1995 Pemda 1 unit Baik
4. MTsn 2006 Cordaid 1 Unit Baik
5. Mas 2007 Cordaid 1 Unit Baik
6. Masjid 2000 Swadaya 2 Unit Baik
7. Musholla/surau/meunasah 1999 Swadaya 4 Unit Baik
8. WC Umum 2006 Usaid 2 Unit Baik
9. Tanggul Sungai 2009/2010 BKPG 3 x 45M Baik
10. Perkerasan jalan 2010 PNPM 300 M Baik
11. MCK di Musallah 2009 ADD 1 Unit Baik
12 Perkerasan jalan dan Talud 2011 BKPG 600 M Baik
13 Jalan rabat beton 2012 BKPG 300 M Baik
14 Perkerasan jalan dan Talud 2013 BKPG 100 M Baik

 

RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA AIR DINGIN.

VISI DAN MISI

VISI :

Visi adalah sebagai Pandangan masa depan tentang kondisi ideal yang diinginkan atau yang di cita-citakan oleh Pemerintah Desa, visi juga merupakan alat bagi Pemerintah Desa dan pelaku pembangunan lainnya untuk melihat, menilai atau memberi predikat terhadap kondisi Desa yang diinginkan. Adapun visi Desa Air dingin  adalah sebagai berikut : “Membangun Desa Air Dingin dengan mengedepankan sumber daya alam dan manusia di Desa dan tetap berorientasi kepada kepentingan umum”

MISI:

Misi adalah merupakan pernyatan yang menetapkan tujuan dan sasaran Desa yang hendak dicapai, pernyataan misi membawa Desa kepada suatu fokus. Misi inilah yang harus diemban oleh pemerintah Desa, adapun Misi Desa Air Dingin adalah :

Bidang Infrastruktur/ Sarana dan Prasarana;

Menyediakan Sarana dan Prasarana/Infrastruktur Untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat Desa

Bidang Ekonomi;

Meningkatkan Sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Sumber Pendapatan Masyarakat Untuk Meningkatkan Perekonomian Dalam Rangka Menunjang Pembangunan Desa Secara Berkelanjutan

Bidang Pendidikan dan Sosial Budaya;

Meningkatkan Tingkat Pendidikan Masyarakat dan Penguatan Lembaga/Kelompok di Desa untuk Meningkatkan Peran Masyarakat Dalam Pembangunan Desa

Bidang Pelayanan Umum;

Menciptakan dan Meningkatkan Pembangunan Desa yang Partisipatif dan Transparan

Bidang Kesehatan

Menyediakan Fasilitas Kesehatan Yang Memadai dan Menciptakan Lingkungan Hidup Yang Bersih, Aman dan Nyaman

 

KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA AIR DINGIN.

Arah Kebijakan Pembangunan Desa

Kebijakan pembangunan didasarkan pada kondisi fisik Desa/sarana dan prasarana  yang kurang memadai terutama infrastruktur dasar berupa jalan, lorong, drainase, talud dan air bersih serta pembangunan pendidikan agama anak usia dini yang belum memadai. maka arah kebijakan pembangunan Desa untuk 5 (lima) tahun ke depan adalah :

  1. Pembangunan infrastruktur dasar berupa Pengaspalan jalan lorong, drainase, talud dan air bersih.
  2. Pemanfaatan Lahan Pertanian dan perkebunan secara baik dan tepat guna.
  3. Mengusahakan penambahan modal bagi para peternak, perikanan dan pertanian
  4. Penyempurnaan pendidikan agama untuk anak usia dini yang meliputi tentang, penyediaan peralatan dan kelengkapan gedung serta sistim honorarium para tenaga pengajar.

Potensi dan Masalah

Dengan dukungan luas Desa yang cukup luas dengan beberapa kawasan yang dapat diidentifikasi sebagai potensi yang dapat dikembangkan untuk mendukung peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat maka semua potensi yang ada di Desa akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Potensi yang ada baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusianya perlu terus digali dan dikembangkan untuk kemakmuran masyarakat secara umum. Dalam pengembangan potensi yang ada baik itu potensi alam maupun potensi sumber daya manusia, masyarakat Desa Air Dingin juga tidak terlepas dari permasalahan-permasalahan, permasalahan ini muncul dikarenakan tingkat pendidikan masyarakat yang masih sangat rendah sehingga potensi yang ada belum termanfaatkan secara optimal. Permasalahan utama yang dihadapi masyarakat Desa Air Dingin adalah belum adanya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai untuk peningkatan sumber pendapatan masyarakat dan fasilitas pelayanan umum untuk menunjang pengembangan perekonomian yang bertumpu pada ekonomi kerakyatan.

 

PROGRAM PEMBANGUNAN DESA AIR DINGIN.

Program kerja pembangunan Desa Air dingin dalam kurun waktu Tahun 2009-2013 disusun berdasarkan Analisis Strategis terhadap faktor internal dan faktor eksternal sehingga didapatkan suatu program kerja strategis untuk mencapai Visi Misi dan Misi yang ditetapkan. Penyusunan program pembangunan Desa ini dibagi atas dua urusan yaitu urusan wajib dan urusan pilihan

Urusan Wajib

Urusan wajib adalah rencana pembangunan dan permasalahan yang harus ditangani setiap tahun anggaran oleh Desa. Urusan ini meliputi

Bidang Infrastruktur/ Sarana dan Prasarana;

Program pembangunan Desa  dibidang sarana dan prasarana mengarah kepada program pengadaan sarana dan prasarana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan penyediaan fasilitas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Desa sehingga dengan adanya penyedian sarana dan prasarana ini dapat meningkatkan  pelayanan kepada masyarakat.

Bidang Pendidikan;

Dalam bidang pendidikan arah pembangunan lebih menitik beratkan penyediaan bantuan pendidikan dan pembinaan generasi muda sebagai pendukung pembangunan Desa dimasa yang akan datang.

Bidang Kesehatan

Pengembangan kesehatan masyarakat dirasakan program rentan dalam program pembangunan Desa air dingin, hal ini dikarenakan karena tingkat kesehatan masyarakat yang dirasakan masih rendah dan rentan terhadap pengembangan penyakit ditambah dengan belum adanya sarana pendukung kesehatan masyarakat di Desa air dingin sehingga penyediaan obat-obatan tradisional sebagai pertolongan awal merupakan langkah yang tepat untuk dijadikan program kerja bagi pemerintahan Desa air dingin.

Bidang Lingkungan Hidup;

Dibidang ini mengarah kepada menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan nyaman sehingga dapat mendukung tingkat kesehatan masyarakat.

Bidang Sosial Budaya

Dalam penunjang pembangunan Desa yang berorientasi kemasyarakatan pengembangan kehidupan bermasyarakat di dirasakan penting untuk mengembangkan pembangunan yang bersifat partisipatif dan berkesinambungan dengan tetap memperhatikan nilai-nilai budaya yang ada.

Bidang Koperasi dan UKM

Masyarakat Desa Air dingin dalam pengembangan pendapatan masyarakat masih sangat membutuhkan modal usaha sehingga dapat diharapkan pendapatan masyarakat tidak hanya bertumpu pada sektor perdagangan dan jualan sembako, namun pengembangan sektor koperasi juga perlu dilakukan karena berdasarkan diDesa air dingin saat ini telah memiliki koperasi meskipun yang kepemilikannya masih bersifat indifidu.

 

Urusan Pilihan

Bidang Pariwisata

Pengembangan Pariwisata Desa Air Dingin dirasakan perlu untuk meningkatkan pendapatan asli Desa (PAD) dalam rangka pembangunan Desa yang tidak bertumpu pada alokasi dana tahunan dari pemerintahan kecamatan

Bidang Pertanian

Sektor ini merupakan sektor penting dalam pembangunan Desa Air Dingin karena disektor ini merupakan sumber utama pendapatan masyarakat. Arah pembangunan disektor ini lebih mengarah kepada pembinaan dan pengadaan modal usaha pertanian untuk menunjang pendapatan masyarakat

Pertambangan

Dalam penunjang pembangunan Desa yang berorientasi kemasyarakatan pengembangan kehidupan bermasyarakat di dirasakan penting untuk mengembangkan lokasi-lokasi yang layakuntuk dijadikan area pertambangan dengan tujuan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Perikanan

Sektor ini merupakan sektor sumber utama pendapatan masyarakat. Arah pembangunan disektor ini lebih mengarah kepada pembinaan dan pengadaan modal usaha perikanan untuk menunjang pendapatan masyarakat

Kehutanan

dengan dukungan luas hutan yang sangat luas maka urusan ini sangat perlu untuk di kembangkan demi meningkatkan pendapatan masyarakat Desa.

Program pembangunan Desa Air Dingin secara keselurahan baik itu urusan wajib maupun urusan pilihan dapat dilihat di lampiran Tabel Metrik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Tahun 2009-2013.

 

STRATEGI PENCAPAIAN DESA AIR DINGIN.

Untuk pencapaian program perencanaan pembangunan tersebut baik urusan wajib maupun urusan pilihan perlu disusun strategi dan mekanisme tata cara agar rencana pembangunan tersebut dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan, adapun strategi dimaksud adalah sebagi berikut:

  1. Melakukan Musyawarah Desa untuk Pendataan Usulan Sarana dan Prasarana yang Dibangun
  2. Pengajuan Usulan (Musrenbang Kecamatan, Musrenbang Kabupaten, Kepihak Ketiga, Sumber Dana Lainnya)
  3. Melakukan pengawasan terhadap proses pelaksanaan kegiatan.
  4. Mengklasifikasi rencana pembangunan sesuai dengan kebutuhan dana yang dialokasikan oleh program seperti Program PNPM-MP, BKPG, ADD, APBDes dan Program Dinas Pemerintah seperti Dinas Pekerjaan, Dinas Kimpraswil dan dinas-dinas lain yang terkait.
  5. Memberikan kontribusi dan swadaya terhadap rencana pembangunan yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

Dan strategi lain yang dapat menunjang dan mewujudkan pencapaian dari rencana pembangunan tersebut.

Sumber : Desa dan BPS Kab. Simeulue.

Facebook Comments