Potensi

POTENSI DESA AIR DINGIN.

Desa Air dingin yang merupakan suatu desa yang sumber pendapatan masyarakatnya berfariasi dengan potensi desa cukup besar, baik potensi yang sudah dimanfaatkan maupun yang belum yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Secara umum potensi desa air dingin dapat didiskripsikan dengan berbagai aspek yang secara langsung maupun tidak langsung merupakan mata rantai dari sistem kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, beberapa aspek dimaksud adalah sebagai berikut :

Aspek Sumber Daya Perangkat Desa

Desa Air Dingin secara umum penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan dikelola oleh dua elemen utama, yakni elemen Pemerintah Desa yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa beserta jajaran perangkat Desa dan elemen Badan Perwakilan Desa (BPD) sebagai mitra penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan di Desa Air Dingin.

Aspek Ekonomi

Perekonomian Desa Air Dingin secara umum di dominasi pada sektor Nelayan, Pegawai Negeri Sipil pedagang sembako serta sebagian karyawan swasta dan sebagian kecil petani sawah dan kebun.

Aspek Sosial Budaya

Kondisi sosial budaya masyarakat ditunjukan masih rendahnya kualitas dari sebagian Sumber Daya Manusia masyarakat di Desa Air Dingin, serta cenderung masih kuatnya budaya paternalistik. Meskipun demikian pola budaya seperti ini dapat dikembangkan sebagai kekuatan dalam pembangunan yang bersifat mobilisasi masa. Di samping itu masyarakat Desa Air Dingin yang cenderung memiliki sifat ekspresif, agamis dan terbuka dapat dimanfaatkan sebagai pendorong budaya transparansi dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

Aspek Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial

Desa Air Dingin dalam penyelenggaraan pendidikan saat ini belum memadai, hal ini ditunjukkan dengan masih kurangnya fasilitas  sarana pendidikan yang belum memadai dan begitu juga di sektor Kesehatan dan Kesejahtraan sosial.

Aspek Pemuda dan Olah Raga

Masalah pemuda dan kepemudaan yang merupakan hasil dari besarnya jumlah penduduk dengan komposisi usia muda, memerlukan perhatian serius. Mengingat munculnya permasalahan-permaslahan kenakalan remaja, pengangguran dan penyalahgunaan obat-obat terlarang akan menjadi ancaman dalam kegiatan pembangunan Desa. Sejalan dengan kondisi itu, serta dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk dalam kelompok usia muda, maka program-program yang mampu menyerap aspirasi pemuda dengan aktualisasi peran pemuda, pengembangan bakat dan minat, serta pengentasan/pengurangan angka pengangguran perlu strategi program yang jelas.

Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah generasi muda yang terjebak ke dalam tindak/perilaku yang kurang baik. Kesemuanya ini sangat terkait dengan pembinaan mental, sosialisasi nilai-nilai kemasyarakatan, masalah pendidikan, pembinaan olah raga, pengembangan sanggar seni budaya generasi muda serta aktivitas kemasyarakatan yang mampu menumbuhkan kreativitas, tanggung jawab, dan kemandirian para pemuda serta penciptaan kesempatan kerja seluas-luasnya bagi generasi muda. Sejalan dengan itu, maka penyediaan sarana dan prasarana olah raga, sarana organisasi kepemudaan, keagamaan, perlu terus dikembangkan dan dibenahi agar menjadi tempat yang cukup menarik bagi sebagaian besar generasi muda. di sisi lain, masalah pendidikan budi pekerti, etika dan estetika, perlu dipikirkan kembali untuk menjadi muatan desa, sedang di bidang keagamaan yang telah ada perlu terus di dukung eksistensi dan pengembangan serta keberlangsungannya.

Keseluruhan aspek potensi Desa Air Dingin ini merupakan salah satu modal dasar dalam pembangunan Desa yang dapat dituangkan dalam perencanaan pembangunan Desa sehingga dapat menunjang pembangunan Desa yang berkelanjutan. Data potensi Desa Air Dingin dapat dilihat pada tabel  berikut ini :

SUMBER DAYA POTENSI DESA KETERANGAN
SUMBER
DAYA ALAM
Sawah Sebagian Berfungsi
Hutan Belum Termanfaatkan
Sungai Belum Termanfaatkan
Kebun Sebagian Berfungsi
Gunung Belum Termanfaatkan
SUMBER DAYA
MANUSIA
Keahlian Sebagian Aktif
Ketrampilan Masih Aktif
Dukun Beranak Masih aktif
Dukun Pengobatan Masih Aktif
PNS Masih Aktif
Guru Masih Aktif
EKONOMI Petani Masih aktif
Tukang Masih aktif
Peternak Masih aktif
Keramba Ikan Masih aktif
Warung Kopi / Nasi Masih aktif
Bengkel Masih aktif
Doorsemer Masih aktif
SOSIAL Jumat Bersih Aktif
Rapat bulanan aparat Desa Aktif
Kelompok pemuda Aktif
Remaja Mesjid Aktif
Posyandu Masih Aktif
TPA Masih Aktif
Kelompok PKK Masih Aktif
BUATAN Jalan Desa Masih Aktif
Jalan Lorong Masih Aktif
Masjid Masih Aktif
Balai serba Guna Masih Aktif
Meunasah Masih Aktif
Drainase / Talud Masih Aktif
Lapangang Bola Kaki Masih Aktif
Lapangan Bola Volly Masih Aktif

Facebook Comments